Tips Mengusir Bau Mulut Saat Sedang Berpuasa

AmidayrusLounge - Ramadhan akan datang sebentar lagi tepatnya hampir sebulan kedepan. Tiba saatnya manusia yang beragama Islam untuk menunaikan ibadah puasa. Karena puasa adalah ibadah wajib yang harus dijalani oleh tiap umat Islam yang mengaku benar-benar beriman dan bertaqwa kepada Tuhan Yang Maha Esa. Selama 12 jam lebih, umat Islam diharuskan menahan makan, minum dan setiap hal yang dapat membatalkan puasa. Tanpa disadari orang yang berpuasa akan mengalami hilatosis. Hilatosis yaitu bau mulut nafas naga. Penyebabnya dikarenakan oleh masalah pencernaan sebesar 20% dan 80% dari rongga mulut. Saat berpuasa enzim-enzim makanan yang tertinggal di mulut meninggalkan aroma yang tidak sedap sehingga menyebabkan bau mulut. Tentunya hal ini akan menimbulkan rasa yang tidak nyaman saat berkomunikasi dengan lawan bicara. Berbagai produk penyegar dan penghilang bau nafas kini sudah menjamur di pasaran, namun ada tips lain yang lebih sederhana, murah dan sekaligus alami untuk mengusir bau mulut Anda. Simak tips berikut ini :
  • Gosok gigi dan kumur dengan air lemon
Gosok gigi sampai benar-benar semua bagian mulut bersih, jangan asal digosok. Setelah itu kumur-kumurlah dengan air yang dicampur dengan air jeruk lemon. Kumur beberapa kali sampai mulut benar-benar segar.
  • Minum teh atau air putih
Menurut University of Utah Health Care, minum teh hitam atau teh hijau saat sahur bisa membuat nafas lebih segar atau minumlah air putih yang banyak untuk membunuh bakteri dalam mulut.
  • Seledri
Selain digunakan untuk bahan memasak ternyata seledri dapat digunakan untuk menghilangkan bau mulut, dengan cara kunyahlah beberapa helai daun seledri, meski agak langu dan pahit. Daun ini mengandung chlorophyll yaitu antiseptik yang dapat menetralisir bau mulut. Mengkonsumsi daun seledri ini juga bisa melancarkan sistem pencernaan Anda.
  • Jus sayur atau buah
Selain dapat menyehatkan tubuh karena kandungan vitamin dan serat, jus sayur dan buah juga dapat membantu membuang hilatosis atau bau mulut. Jus yang terbuat dari sayuran hijau lebih efektif mencegah bau mulut.
  • Cuka apel
Meski rasanya kecut, cairan ini ternyata berkhasiat untuk menjadi pencuci mulut yang ampuh. Campurkan setengah sendok makan cuka apel dengan segelas air putih lalu gunakan untuk kumur-kumur beberapa kali.
  • Rokok dan Alkohol
Hindari rokok dan alkohol karena berefek memperburuk status kebersihan mulut yang memicu terjadinya gingivitis dan periodontitis. Alkohol mengurangi produksi air liur yang akan memperparah bau mulut.

1 comment:

Powered by Blogger.