Tips Menjaga Sperma Tetap Sehat Hingga Masa Tua

Amidayrus-Health - Seiring bertambahnya usia, tingkat kesuburan dan kesehatan sperma pada pria umumnya menurun. Tapi risiko itu bisa diminimalisir dengan menjalani program diet yang tepat dan sehat. Menurut hasil studi, pria yang sering mengkonsumsi buah-buahan, sayuran, ikan dan kacang-kacangan cenderung lebih sedikit mengalami kerusakan DNA pada spermanya.

Buah, sayur, ikan dan kacang mengandung banyak nutrisi seperti vitamin C, E, zinc dan folat yang berfungsi sebagai pelindung DNA tubuh. Hal ini sangat berguna bagi mereka yang berusia di atas 40 tahun. Profesor Simon Fishel, managing director CARE Fertility Group dan spesialis kesuburan mengatakan bahwa pria yang sulit mempunyai anak disarankan memerhatikan asupan makanan mereka. Sebab, diet sangat memengaruhi tingkat kesehatan sperma dan tidak bisa dianggap remeh. "Diet bisa punya efek yang bagus dan buruk. Radikal bebas bisa merusak sel, dan mereka bisa menyerang testis," kata Simon seperti dilansir Daily Mail. Beberapa jenis nutrisi seperti vitamin C, bisa melawan radikal bebas dan mencegah kerusakan yang ditimbulkan. Sementara zinc, memegang peranan penting dalam pemeliharaan kesehatan sperma.

Kebiasaan menjalani gaya hidup sehat akan dirasakan dalam jangka panjang, terutama ketika tubuh mulai menua. Studi sebelumnya mengungkapkan bahwa semakin tua usia pria, semakin besar kemungkinan ia mengalami kerusakan DNA dan perubahan kromosom di dalam sperma. Sementara itu, berdasarkan studi yang dilakukan National Health Service di Inggris menemukan, 25% pria yang mandul disebabkan oleh rendahnya kualitas semen (cairan mengandung sperma). Kualitas sperma juga berkurang karena faktor usia.

Oleh karena itu untuk mempertahankan kesehatan sperma, disarankan mengonsumsi banyak buah dan sayuran. Studi terbaru menunjukkan bahwa pria dia tas 44 tahun yang sering mengkonsumsi vitamin C yang terkandung dalam jeruk, paprika, stroberi, brokoli dan kentang, risiko mengalami kerusakan DNA sperma lebih kecil 20% dibandingkan yang vitamin C nya kurang.

Hal itu juga terjadi pada orang yang banyak mengkonsumsi zinc (terdapat pada ikan), vitamin E (banyak terkandung dalam kacang-kacangan dan biji-bijian) serta folate (terdapat di sayuran hijau). Jadi mulai dari sekarang, minta suami Anda untuk lebih sering makan makanan tersebut jika ingin spermanya tetap sehat sampai tua.

1 comment:

  1. Ini adalah berita dan info yang sangat menarik.
    Semoga info Anda dapat bermanfaat bagi masyarakat dan orang banyak.

    Terima kasih

    ReplyDelete

Powered by Blogger.