7 Langkah Perubahan Meraih Hidup Yang Lebih Baik

Amidayrus-Blog - Perubahan memang perlu dilakukan untuk mendapatkan kehidupan dan menjadikan kita pribadi yang lebih baik. Untuk mendapatkannya pun tak sulit, karena perubahan dalam hidup tak mesti harus datang besar-besaran, kan? Perubahan yang baik itu harus didasarkan pada niat dan konsistensi. Contohlah kupu-kupu, sebelum ia menjadi binatang yang disukai oleh hampir seluruh manusia di muka bumi, dia hanyalah seekor ulat yang menjijikkan. Namun setelah bermetamorfosis, akhirnya ia Berikut ini merupakan beberapa langkah kecil yang bisa dicoba untuk meraih hidup yang lebih baik :

1. Perubahan itu perlu usaha
Identik saat kita menginginkan 'sesuatu', tentu kita akan memperjuangkan mati-matian demi mendapatkan 'sesuatu' itu. Iya, kan? Nah, perjuangan itulah yang dinamakan sebagai usaha. Pun juga sama saat kita menginginkan perubahan ke arah yang lebih baik. Kita perlu berusaha, usaha untuk mengubah gaya hidup, pemikiran, sikap dan usaha untuk melawan hal-hal negatif yang biasa kita lakukan.

2. Masalah?? Hadapi saja!!!
Satu hal yang perlu diyakini yaitu hidup tak pernah luput dari yang namanya masalah. Oleh karena itu, menghindar bukanlah sifat heroik yang harus diteladani tapi segera tinggalkanlah. Menghindar dari masalah sama aja dengan membiarkan masalah itu makin runyam. Tentu kita tidak mau donk, masalah selalu membuntuti kemanapun kita pergi. Nah, mulai detik ini tinggalkanlah kebiasaan buruk ini, hadapi dan sikapilah secara bijak masalah - masalah yang muncul dalam hidupmu. Anggaplah itu sebagai bunga kehidupan yang mekar kemudian layu.

3. Jangan buang - buang waktu
Sebelum beranjak tidur, coba renungkanlah kembali aktivitas yang telah kamu lakukan selama seharian. Pastikan kamu benar-benar menghabiskan waktu luangmu untuk mengerjakan hal-hal yang lebih berguna. Jika tidak segera buatlah catatan kecil untuk mengisi waktu luangmu. Hidup ini cuma sekali, sayang sekali seandainya kamu membiarkan waktu berlalu sia-sia. Ingat pepatah yang mengatakan bahwa "Time is money and also science".

4. Konsisten dalam menggapai mimpimu
Jangan pernah anggap remeh poin keempat ini. Kadang-kadang bersikap konsisten tidaklah semudah yang kita bayangkan, misalnya saja berapa banyak dari kita yang telah berjanji untuk pergi jogging tiap minggu pagi tapi saat minggu pagi tiba kita malah asyik bergelung dengan selimut? Berapa banyak dari kita yang telah berjanji untuk lebih tepat waktu, namun kenyataannya masih saja molor seperti karet?
Ya, konsisten memang sangatlah sulit. Namun begitu kamu bisa konsisten dengan apa yang kamu lakukan, kamu akan lebih mudah menggapai mimpimu. Karena kamu tahu, kamu akan konsisten untuk bangun dan mengejar mimpimu saat kamu sedang terjatuh.

5. Syukuri, Ikhlas dan nikmati apa yang sedang kamu rasakan
syukuri-apa-yang-ada
Pasti tidak semua usahamu berjalan dengan mulus, dan ketika hal yang buruk terjadi padamu maka ikhlas dan coba rasakan yang terjadi padamu. Pahami kenapa usahamu tidak berjalan dengan baik dan petiklah sesuatu dari ketidakberhasilanmu itu.
Masih ingat lirik lagu dari salah satu band di Indonesia, D'Masiv, seperti ini syukuri apa yang ada, hidup adalah anugerah, tetap jalani hidup ini, melakukan yang terbaik... Tuhan pastikan menunjukkan kebesaran dan kuasaNya, bagi hambaNya yang sabar dan tak kenal putus asa.

6. Keluar dari zona nyaman
comfort-zone
Keluar dari zona nyaman akan membuatmu terbiasa dengan tantangan-tantangan baru sehingga terbentuklah pribadi yang lebih kuat dan berpengalaman.

7. Temukan kekurangan dan kelebihanmu
Tidak ada orang yang 100% sempurna! Dan daripada kamu berfokus untuk meratapi setiap kekurangan yang ada dalam dirimu, lebih baik kamu fokus dengan bakat-bakat yang kamu miliki. Dengan fokus pada bakat yang kamu miliki ini kamu bisa tampil dengan lebih percaya diri dan lebih optimis untuk merubah hidupmu, kan?

Perubahan positif memang perlu dilakukan untuk menjadikan kehidupan menjadi lebih baik. Untuk melakukan perubahan tak perlu harus menunggu besok, lusa atau bahkan minggu depan. Hal terpenting yaitu ada niat dan dijalani secara konsisten. Yah, memang sih... perjalanan kehidupan ini sudah ada yang mengatur tapi bukan berarti kita lantas pasrah dan berdiam diri. Bukankah Tuhan juga telah menjanjikan perubahan terhadap hambanya yang mau berubah ke arah yang lebih baik?

No comments:

Powered by Blogger.